Mengapa Perangkat Lunak ERP Menjadi Kebutuhan yang Memikat untuk Farmasi? - Codexsec

Breaking

Wednesday, February 7, 2018

Mengapa Perangkat Lunak ERP Menjadi Kebutuhan yang Memikat untuk Farmasi?


Farmasi tidak dapat disangkal salah satu industri yang luas dan kompleks dengan tantangan dan tren pasar yang tak terduga.

Hal ini menghadapi perubahan radikal dalam bentuk reformasi kesehatan, peraturan yang ketat, lonjakan permintaan dan persaingan global yang ketat.

Sementara pelanggan mencari produk berkualitas dengan harga terjangkau, perusahaan farmasi mencari cara inovatif untuk merampingkan operasi dan mengurangi biaya mereka untuk menawarkan produk dengan harga menarik.

Baca Juga :



Semua ini memupuk kebutuhan akan solusi teknologi all-in-one yang bekerja pada titik sentral untuk mengelola, memantau proses, mensponsori tren pasar dan tantangan yang tak terduga bagi perusahaan.

Perangkat lunak ERP seperti solusi satu atap untuk semua bisnis yang melayani semua peran di atas dengan mudah.

Untuk menyelidiki masalah ini lebih jauh, berikut adalah daftar alasan terperinci yang membuat ERP menjadi kebutuhan mendesak obat-obatan.

Pengelolaan persediaan dan material menjadi fungsi yang kompleks 

Tak perlu dikatakan lagi, setiap perusahaan farmasi menangani ratusan ribu produk.

Menjaga data bahan yang dibeli dan stok persediaan sangat kompleks dan bekerja dengan spreadsheet karena hal itu tidak akan membantu lagi.

Ini tidak hanya menyebabkan pemborosan waktu bagi produsen namun menciptakan kesulitan dalam mengelola persediaan dan mencatat jumlah produk jadi, yang ada di saham atau terjual habis.

Dalam skenario seperti itu, ERP dapat membuktikan nilainya karena memiliki modul terpisah untuk mengendalikan penggunaan material dan mensponsori tingkat persediaan.

Manajemen resep sulit dilakukan secara manual 

Proses kunci dalam pembuatan farmasi adalah manajemen resep yang melibatkan penentuan bahan dan komposisinya untuk memastikan keefektifan obat yang dibuat.

Selanjutnya, karena persaingan yang sangat ketat, produsen obat lebih bersedia melemahkan harga produk.

Sistem ERP yang praktis dapat membantu secara mulus dalam perumusan bahan yang secara langsung menyimpan cek biaya overhead.


Masalah kualitas adalah fokus yang tinggi 

Jaminan kualitas adalah prioritas utama untuk bisnis obat-obatan dan sedikit kelalaian dapat menanggung biaya yang sangat besar bagi produsen.

Dengan mengingat hal ini, ERP sengaja dibentuk oleh agen pengembangan untuk menyertakan modul kontrol kualitas terpisah yang memantau bahan dan produk jadi di tahap pra dan pasca produksi.

Ini juga memberi pandangan dan kemampuan proses real-time kepada produsen untuk tinjauan siap.

Tantangan dalam penjualan dan pemasaran sangat besar

Struktur pasar yang kompetitif dan peraturan yang ketat menghasilkan transformasi radikal di industri farmasi dimana perusahaan harus mematuhi standar kualitas untuk menikmati pangsa pasar mereka.

Sistem ERP membantu mengatasi semua tantangan pasar secara mulus.

Dari mempertahankan catatan pembelian pelanggan, membuat kutipan yang tepat, memigrasikan informasi melalui saluran penjualan dan melaksanakan kampanye pemasaran, sebuah solusi ERP membantu dalam hal itu.

Mematuhi peraturan ketat yang diperlukan 

Memastikan kepatuhan produk dengan persyaratan peraturan utama sangat penting bagi bisnis farmasi untuk mempertahankan daya saing mereka di pasar global.

Perangkat lunak ERP pharma dibangun secara khusus mengingat peraturan atau aspek kualitas yang ketat.

Ini mengintegrasikan manajemen formulasi dengan baik dengan ketentuan peraturan industri untuk memberikan kepastian mengenai kualitas produk kepada pelanggan.

Industri farmasi melewati transformasi berat karena meningkatnya persaingan, kondisi permintaan yang berubah-ubah dan norma produksi yang ketat selain kompleks dalam operasi internal.

Dengan demikian, jelas bahwa solusi satu atap yang sesuai untuk ERP adalah keharusan bagi bisnis di sektor ini untuk mengatasi tantangan tersebut.